Categories
Uncategorized

Metode GA-PSO hybrid baru

Metode GA-PSO hybrid baru untuk memecahkan masalah perutean inventaris multi-periode dengan mempertimbangkan keputusan keuangan, Integrasi berbagai komponen logistik dalam manajemen rantai pasokan, seperti transportasi, pengendalian persediaan dan lokasi fasilitas menjadi praktik umum untuk menghindari sub-optimasi dalam lingkungan persaingan saat ini. Integrasi keputusan transportasi dan persediaan dikenal sebagai inventory routing problem (IRP) dalam literatur. Permasalahan tersebut bertujuan untuk menentukan jumlah pengiriman untuk setiap pelanggan dan rute jaringan yang akan digunakan pada setiap periode, sehingga total biaya persediaan dan transportasi dapat diminimalkan. Berlawanan dengan IRP konvensional bahwa setiap pengecer hanya dapat menyediakan permintaannya dari pemasok, dalam makalah ini, model IRP multi-periode, multi-item baru dengan mempertimbangkan trans-pengiriman lateral, back-log dan keuangan keputusan diusulkan sebagai model bisnis dalam organisasi yang berbeda. Tujuan utama dari makalah ini adalah menerapkan model inventory routing yang aplikatif dengan mempertimbangkan setting dunia nyata dan menyelesaikannya dengan metode yang tepat.

Saat ini dalam bisnis manufaktur, terutama masalah rantai pasokan, ada kebutuhan yang meningkat akan perilaku efisien karena persaingan dan berkurangnya margin keuntungan. Selain itu, pelaku produksi dan penyedia jasa di industri transportasi menghadapi situasi yang lebih menantang dibandingkan beberapa dekade terakhir. Bahkan, mereka harus merencanakan keuntungan seluruh rantai daripada perusahaan mereka sendiri. Karena biaya transportasi adalah salah satu biaya rantai pasokan utama, masalah rute kendaraan (VRP) menarik banyak minat. Namun persediaan dan biaya transportasi berada dalam konflik. Integrasi keputusan transportasi dan inventaris dalam literatur diwakili oleh IRP. Hal ini untuk menentukan jumlah pengiriman untuk setiap pelanggan dan satu set rute kendaraan yang mungkin untuk pengiriman jumlah di setiap periode, tunduk pada kendala kapasitas kendaraan dan persyaratan produk pelanggan dan kendala kapasitas persediaan, sehingga total persediaan dan biaya transportasi adalah diminimalkan. Perhatian utama dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan model IRP praktis yang mempertimbangkan trans-pengiriman lateral dan keputusan keuangan secara simultan untuk membantu organisasi memutuskan secara ekonomis apakah membentuk agen baru. Akibatnya, formulasi MILP baru diusulkan untuk memodelkan masalah. Untuk memecahkan model yang diusulkan, untuk pertama kalinya, algoritma meta-heuristik GA-PSO hibrida baru dikembangkan dan beberapa masalah uji yang dihasilkan secara acak disediakan untuk menunjukkan kegunaan dari algoritma hibrida yang diusulkan. Perbandingan antara hasil algoritma hibrid dan solusi GAMS menunjukkan bahwa kesenjangan rata-rata rendah dan metode hibrid yang diusulkan memberikan jawaban yang benar-benar andal dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.